ARTIKEL PERMASALAHAN DALAM
PENGOLAHAN ARSIP DAN DOKUMENTASI
di
KANTOR PUSAT KEARSIPAN DAN
DOKUMENTASI
KABUPATEN JEMBER
(Diajukan
sebagai tugas mata kuliah kearsipan dan dokumentasi)
Dosen
Pengampu Drs. Marjono, M.Hum
oleh :
Adam Adi
Purbaningrat (1302 1030 2063)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN
SEJARAH
JURUSAN ILMU PENGETAHUAN
SOSIAL
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2014
PROFIL
LEMBAGA
NAMA
INSTANSI :
KANTOR
PERPUSTAKAAN, ARSIP DAN DOKUMENTASI – SEKSI ARSIP DAN DOKUMENTASI KABUPATEN
JEMBER
NAMA
KEPALA :
BAPAK
Drs. Sutrisno, M.Si
ALAMAT
INSTANSI :
JL.
DHARMAWANGSA, JEMBER TELP / FAX 0331 – 7765486
TUGAS
DAN FUNGSI :
PEMBINAAN,
PENYELAMATAN, DAN PENYIMPANAN
SARANA
DAN PRASARANA :
RUANG
TAMU, 4 RUANG PENYIMPANAN, 3 RUANG KERJA, 1 RUANG DAPUR DAN KAMAR MANDI
PERMASALAHAN
DALAM PENGOLAHAN ARSIP DAN DOKUMENTASI DI KABUPATEN JEMBER
1.
Pendahuluan
Arsip
adalah catatan / dokumen yang dapat berupa buku, surat penting, gambar ataupun
video yang dimana fungsi dari arsip tersebut dapat dipakai sebagai bahan
komunikasi dan informasi untuk mengetahui aktifitas di masa lampau. Arsip
sendiri juga harus disimpan di dalam suatu tempat yang permanen. Sedangkan
kearsipan adalah suatu proses kegiatan mulai dari penerimaan, pengumpulan,
pengaturan, pemeliharaan dan penyimpanan menurut sistem tertentu sehingga saat
diperlukan dapat ditemukan kembali dengan mudah.
Fungsi arsip antara lain sebagai berikut :
1. Bukti
sejarah
2. Bukti
administratif
3. Bukti
hukum
4. Sumber
ilmu pengetahuan sebagai kepentingan bangsa dan negara
Setelah kita mengetahui apa
itu pengertian dari arsip dan kersipan sendiri, dapat kita simpulkan bahwa
arsip sangatlah penting dalam kehidupan kita. Arsip memberikan informasi
penting kepada kita mengenai suatu permasalahan yang kita perlukan di masa
mendatang.Melihat
pentingnya fungsi arsip seperti yang disebutkan diatas maka, hendaknya dalam
pengolahannya arsip harus diserahkan kepada tenaga ahli yang memang sudah
berpengalaman dalam bidangnya. Selain itu gedung tempat penyimpanan arsip itu
sendiri haruslah yang benar – benar memenuhi standar.
Mengingat pentingnya suatu arsip maka
kami memutuskan untuk melihat langsung tempat penyimpanan arsip dan dokumentasi
khususnya yang berada di kabupaten Jember. Ternyata untuk kantor kearsipan dan
dokumentasi kabupaten Jember terletak di dua tempat yaitu, yang pertama berada
di Jalan Letjend. Panjaitan No. 49. Sedangkan yang kedua berada di Jalan
Dharmawangsa No. 176 Kaliwining Rambipuji. Untuk kantor pusatnya adalah yang
terletak di Jalan Dharmawangsa tersebut
2.
Identifikasi
Masalah
Permasalahan di dalam kantor arsip dan
dokumentasi ini dapat dimasukkan dalam 2 kategori, yang pertama yaitu dalam hal
sumber daya manusia dan yang kedua dalam hal sarana dan prasarana.
Dalam hal sumber daya manusia (pegawai)
yang bekerja di pusat arsip dan dokumentasi kabupaten Jember dapat dikatakan
kurang memadai. Pada saat kami melakukan pengamatan langsung di kantor pusat
hanya terdapat dua pegawai. Selain itu banyak pegawai yang bekerja di kantor
pusat arsip dan dokumentasi tersebut yang murni lulusan atau yang profesional
di bidang pengolahan arsip dan dokumentasi. Kebanyakan dari pegawai masih belum
paham dalam hal pengolahan arsip dan doumentasi.
Selain dari masalah sumber daya manusia
(pegawai) masalah yang lainnya adalah masalah sarana dan prasarana. Dalam hal
ini permasalahannya adalah sebagai berikut :
a. Kondisi
bangunan yang tidak terawat.
Dalam
hal ini bangunan / gedung tempat penyimpanan dokumentasi dapat dikatakan kurang
layak untuk menyimpan arsip dan dokumentasi. Gedung ini sangat perlu di
renovasi. Menurut info yang kami dapat, gedung ini sudah pernah di renovasi,
tapi hanya sekali. Dari pihak pengelola sudah pernah mengajukan permohonan
renovasi bangunan kepada pemerintah Kabupaten Jember tetapi sampai sekarang
belum ada tanggapan.
b. Penyimpanan
yang sudah over load
Penyimpanan
arsip dan dokumen dalam pusat dokumentasi dan arsip Kabupaten Jember bisa
dikatakan sudah melebihi kapasitas yang bisa ditampung (over load) hal ini
mengakibatkan banyak arsip dan dokumentasi yang tidak pada tempatnya /
berserakan. Banyaka arsip dan dokumen yang dimasukkan di dalam gudang.
Selain dua permasalahan yang penting
diatas terdapat pula masalah-masalah yang tidak kalah pentingnya menyangkut
pengolahan kearsipan dan dokumentasi di kabupaten Jember, diantaranya :
a.
Arsip-arsip yang
ada di kantor tersebut masih bercampur aduk, antara arsip aktif dan arsip
inaktif.
b.
Pegawai atau
pengelolah yang ditempatkan di kantor tersebut hanya ada 5 orang.
c. Tempat atau almari untuk menyimpan arsip sangat kurang
jumlahnya dan kurang memadai
d. Arsip yang tersimpan pada kantor tersebut, terakhir
tahun 2011.
e. Kurangnya inovasi dari badan pengelolah (perhatian
pemerintah pusat kurang).
f.
Arsip
yang tersimpan hanyalah arsip SPJ Keuangan.
g. Tidak adanya arsiparis dan pustakawan yang ditempatkan
di kantor tersebut sehingga kegiatan pemusnahan arsip masih belum pernah
dilaksanakan di kantor tersebut.
h. Karena
terlalu banyaknya arsip dan tempat yang sudah tidak mencukupi sehingga
menyebabkan banyak arsip yang tergeletak di sisi – sisi ruang dan kebanyakan
arsip tersebut kurang terawat.
i.
Sistem keamanan dan
tenaga pengaman yang sangat minim.
j.
Dll.
3.
Penyelesaian Masalah
Dalam
menghadapi permasalahan –permasalahan diatas diperlukan beberapa solusi dan
jalan keluar. Setelah menganalisis berbagai permasalahan yang ada di kantor
pusat kearsipan dan dokumentasi Kabupaten Jember kami menyimpulkan beberapa
solusi, yaitu :
a. Perlunya
perhatian yang lebih dari pemerintah Kabupaten Jember khususnya untuk
pengelolaan arsip dan dokumentasi.
b. Perlunya
kesadaran dari pemerintah dan masyarakat luas tentang pentingnya memelihara
arsip dan dokumentasi
c. Perlu
adanya pegawai ahli yang memang khusus bekerja pada bidang kearsipan dan
dokumentasi
d. Perlu
adanya pelatihan kepada pegawai kantor kearsipan dan dokumentasi tentang
bagaimana memelihara arsip dan dokumen yang membutuhkan perlakuan khusus
Kami
sebagai mahasiswa sangat berharap agar pemerintah pusat lebih memperhatikan dan
memelihara arsip dan dokumentasi. Karena arsip dan dokumentasi sangat penting
dalam perkembangan suatu daerah dan negara. Jangan sampai kita menyesal di
kemudian hari karena tidak memelihara arsip dan dokumen dengan baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar